Selasa, 20 Oktober 2015

Transaction Processing System ( T P S )

TPS (Transaction Processing System) adalah Sistem informasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin yang dilakukan berulang-ulang dalam satu waktu

   Dengan menggunakan TPS kita tidak lagi melakukan sesuatu hal secara manual yang berulang bahkan membuat bosan dan memakan waktu yang lumayan, sedangkan TPS adalah solusi bisnis bagi mereka yang memiliki data banyak yang selalu dikelola setiap harinya. Pada dasarnya, TPS adalah sebagai solusi bisnis tetapi kebanyakan mungkin sebelum menggunkan TPS tidak secara matang diperhatikan mengenai sistem manajemen informasinya apakah dengan menggunakan TPS tersebut dapat relevan, accurate, current, complete dan economical ( Konsep Kualitas Informasi). Sebelum memutuskan membuat TPS ada baiknya memikirkan dan memanajemen secara matang mengenai fungsi serta keuntungan dari TPS tersebut jangan sampai merugikan banyak pihak nantinya. 
   Contoh TPS yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa adalah absensi dikelas yang menggunakan KTM. Contoh lain pada dunia bisnis adalah transaksi di supermarket yang outputnya adalah resi belanja kita Sudah seharusnya dalam dunia globalisasi saat ini kita harus paham betul mengenai Sistem Informasi Manajemen dimana ini adalah modal awal bisnis di eraa globalisasi seperti ini bahkan semakin hari teknologi akan semakin canggih yang memaksa kita harus bisa bersaing dan mengikuti perkembangannya. 

   TPS ini adalah tingkatan terendah dalam sistem informasi meskipun begitu TPS merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan luarnya. TPS ini pada sangat umun digunakan dalam pembaharuan informasi setiap menit bahkan detik mengenai konteks yang berhubungan tanpa adanya interupsi. TPS mencatat dan memproses data hasil transaksi binis, penjualan, daftar hadir dan lain sebagianya yang menghasilkan berbagai data hingga dikelola menjadi sebuah informasi bagi lingkup internal maupun eksternalnya. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk proses lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen. 

Sebagai generasi muda penerus dan harapan bangsa *mungkin* haha, apalagi anak IT nih kita sangat perlu banget tahu dasar-dasar sistem informasi serta manajemen bisnisnya itu sendiri. Ketika menemukan TPS yang mungkin banyak komentar negatifnya maka selain kita berkomentar juga kita harus mempu melengkapinya bahkan membuat terobosan baru yang lebigh good quality dibanding TPS tersebut. Perlu digaris bawahi meski TPs disebut sebagai tingkatan terendah dari sebuah sistem informasi manajemen untuk membuat satu TPS sederhana saja kita perlu extra berfikir dan itu tidak mudah, harus ada kerangka dan kemungkinan-kemungkinan kondisi lainnya diluar tujuan program yang dibuat. 



So, tetap semangat kawan-kawan.. 
Mari pulihkan bangsa dan kualitas negara !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar