Rabu, 14 Oktober 2015

Pengalaman Belajar Sistem Informasi Manajemen

     Awal masuk Telkom university dimana yang tadinya saya ingin masuk ke MBTI tapi malah masuk ke Manajemen Informatika. Hmm.. yaudahlah saya jalani saja. Tapi seiring waktu toh ini nyasar kali yaa mata kuliah nya bikin puyeng mak, puyeng udah mana banyak tugas lagi eellaaah semakin putus asa aja untuk tetap bertahan di manajemen informatika. Coba untuk bertafakur kembali, kalau pindah kasihan lah orangtua harus mengeluarkan biaya lagi dan mubazir juga biaya yang kemarin-krmarin sudah terbayarkan untuk reg-onsite dan serba serbi lainnya. Saya mencoba untuk tetap disini mempelajari semuanya dan menerima dengan ikhlas, hingga setiap mengerjakan apapun di manajemen informatika itu sendiri saya harus senang dan be happy everytime.Coba berbaur dan belajar kelompok mengenai pelajaran yang memang membingungkan. Alhamdulillaah semakin hari semakin senang mengerjakannnya dan semakin semangat karena orangtua dan tunangan saya selalu mendukung. 
   Singkat cerita pendahuluan cerita diatas, saatnya belajaaaar Sistem Manajemen Informasi bersama Pak Bayu Rima Adithya. Ya pertemuan pertama di mata kuliah SIM ini di gedung KU3 lantai 7 lagi helloow jam setengah 3 tu lift lagi ngantri-ngantrinya, jadi saya naik tangga aja ke lantai 7 okelah lumayan ngebakar lemak :( . sesudah sampainya dikelas nih, nunggu dosen lumayan lama kita, waktu dosen sudah tiba dikelas beliau seperti yang sangaat capek dan pengap, lihat raut mukanya itu mirip guru saya waktu di SMK, gurunya cukup membosankan dan arogan *eh . Tapi berbeda dengan Pak Bayu nih, dia sangat menyenangkan dan memang naturalnya lucu hehehe entalah pertemuan pertama apa yang dibahas intinya kita kuliah cuman ketawa-ketawa aja , dan berlanjut ke pertemuan-pertemuan berikutnya yaa gitu kuliah cuman ketawa-ketawa aja yang harusnya ketemu 2 kali seminggu ini cuman ketemu 1 kali seminggu dikelas karena pertemuannya yg satunya lagi kita belajar di cloud dayeuhcloud via line . Awalnya saya bingung, memangnya bisa belajar online kaya gitu? Apakah nanti Pak Bayu bakal multivideocall dengan kita atau gimana yaa, jadi intinya kalau anak IT itu kuota harus siap siaga deh kalau ngga yaudah ketinggalan berita dan info kampus Telkom gitu loh. 
     Pertemuan cloud ini awalnya saya ga paham bagaimana prosedurnya tetapi oh begini tooh berarti cloud ini menuntut kita untuk otodidak, tetapi dengan begitu Pak Bayu memberikan leluasa bagi mahsiswa untuk bependapat luas, wawasan luas bahkan memberikan waktu luang. Dari sekian banyak dosen yang masuk ke kelas cuman Pak Bayu dosen paling pengetian, asyik dan gokil. Dan disetiap pertemuannya selalu ada pelajaran motivasi hidup yang sangat membangun, hal yang masih hangat di pikiran saya tuh pada saat petemuan pertama dan terakhir pada minggu lalu. 
Pertemuan pertama, Pak Bayu membahas tentang peluang kerja D3 yang lebih banyak daripada S1, beliau mengibaratkan kita adalah pemain bola dan S1 itu pelatihnya, mereka S1 hanya bermain teori dan D3 bermain dengan teori-praktek. Bahkan D3 Manajemen informatika tidak perlu cari kerja kalau memang benar-benar bisa , kita bisa menciptakan perusahaan dan bisnis sendiri. Lalu beliau menceritakan tentang mereka yang sukses dengan perusahaannya sendiri yang basic perusahaannnya itu adalah programmer. Disana semakin membuat saya yakin untuk memulai dan bertahan di manajemen informatika meski basic saya adalah Teknik Elektro tapi tidak apa-apa kok di kelas saya juga banyak yang lebih buta sama manajemen informatika tapi tidak sedikit juga yang memang paham betul dengan manajemen informatika bahkan mereka sudah dikenalkan dengan dasar-dasarnya. Ada yang baik berbagi ilmu dan ada pula yang pelit ilmu, yaa namanya juga manusia. 
Pertemuan terakhir keamrin, Pak Bayu bercerita pengalamannya selama kuliah dulu. Itu semakin memotivasi juga bahwa kalau ingin mendapatkan sesuatu itu harus ada perjuangan dan pengorbanan, tidak ada yang instan bahkan masak mie indomie instan pun harus dipasak dulu. Pokonya Pak Bayu terimakasih banget sudah mengadakan pelajaran berbagi pengalaman hehehe. Nah sudah mulai masuk materi Sistem Manajemen Informasi nih membedakan data dan informasi, Pak Bayu menyuruh kita mencari materinya di internet dan dipelajari sendiri lalu kirim link nya ke group line (cloud). Pada minggu selanjutnya Pak Bayu langsung mengadakan test hasil belajar cloud kemarin dan Alhamdulilillah saya masuk ke mahasiswa yang lulus llayeyeelalalyeye. :D selain itu juga Pak Bayu meyuruh kita mengupload hasil kajian kita ke internet, baik itu youtube, slideshare, blog, kakus dll. Pelajaran Pak Bayu ini jadi saya punya banyak akun dan bisa gitu gimana upload upload sesuatu ke internet apalah apalah jadi ga gaptek juga hehe... 
Tugas Kajian 1 : Data dan Informasi

Tugas yang paling aneh itu kita disuruh pesen gojek, lalu mempelajari fitur-fitur di gojek. Kalau mesen makanan online terus pelajari data dan informasinya itu sih masih ada dalam mata kuliah. Tapi kalau pesen gojek? Haha ntahlah saya ikutin saja perintah Pak Bayu dosen SIM. Sekitar pukul 19.00 WIB saya dijemput tunangan saya ke kampus terus saya bercerita tentang tugas gojek, dia bilang sekarang aja biar nyantai nantinya. Ya terus saya pesen gojek nih yang pertama kalinya saya pakai aplikasi gojek. Setelah gojeknya datang lalu saya naik gojek cuman sampai simpang aja sih hehe tetapi disepanjang jalan cukup cerita banyak sama gojeknya dengan saya memulai pembicaraan, lalu sudah sampai ditempat awal gojeknya malah ingin bercerita banyak ke saya tentang hidupnya, mungkin beliau tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan saya di motor tadi. Singkat cerita, disana saya memetik lagi motivasi dimana betapa beruntungnya saya dengan orang-orang diluaran sana yang jam segini mungkin sedang mencari tempat tidur yang nyaman ataukah sesuap nasi. Ya pokonya saya punya pin bb gojek tersebut bahkan ketika saya bilang saya pesen gojek cuman buat tugas, beliau menawarkan lebih kepada saya kalau perlu informasi apapun tentang gojek boleh hubungi saya bahkan ketika saya mau bayar gojek yang tadi beliau menolak jadi intinya gratis gitu hehehe. Ini salah satu hikmah tugas dari Pak Bayu: 
1. Punya banyak akun 
2. Tau cara upload dan makin update tentang aplikasi-aplikasi baru 
3. Kenal sama gojek 
4. Motivasi hidup yang semakin hari semakin membakar semangat 

     Maka kesimpulannya saya bisa tahu sekarang mana data dan informasi, kalau dulu sih data sama informasi itu sama sama saja eh ternyata beda ya. Adapun kriteria informasi yang berkualitas yaitu 
1. relevant , informasi yang diperloleh atau disampaikan harus sesuai dengan user yang membeutuhkan informasi tersebut 
2.Complete, informasi harus lengkap biar gak banyak dugaan dugaan aneh dari user 
3. accurate , informasi tepat dengan penggunannya dan tepat tempatnya dimana informasi tersebut di sediakan 
4. Curret , informasi update tidak jadul atau terkini 
5. Economical , ini berbicara tentang untung atau merugikan mengenai informasi yang didapat. . 

Terlebih system belajar Pak Bayu tidak tergantung pada teori saja tapi diiringi dengan praktek, mencari salah satu informasi dilingkungan Telkom lalau katagorikan apakah informasi tersebut berkualitas atau tidak serta utarakan alasannya. Hal itu yang membuat paham pada materi yang diajarkan. Maka, informasi dan data itu dapat berguna atau bermanfaat tergantung pada user yang membutuhkannya. 

      Kajian 1 sudah selesai, masuk ke kajian 2 tentang Sistem Informasi Manajemen. Nah ini ada kaitannnya dengan bisnis, yang tadinya saya ingin masuk ke bisnis kan ga masuk ketemu SIM ini ada kaitannya dengan manajemen bisnis, wwooowww luar biasa tuhan mempertemukan kita ya Pak Bayu haha, tapi teman saya bilang ini SIM makin rumit juga materinya, berarti jadi seorang programmer itu gak mudah kok, selain skill juga harus punya teorinya yaaa.. Pak Bayu memulai tugas kajian 2 ini dengan inovasi untuk dufan hehe lucu kan? Tugas tugas dari Pak Bayu berbeda dengan tugas dosen yang lainnya. Tetapi tugas Pak Bayu selalu bikin seneng ngerjainnya juga semakin paham dengan materi yang Pak Bayu maksud. Materi ini belum selesai sih jadi saya ceritakan sampai sini saja ya tentang kajian 2. 
Oh iya ada tuh waktu kajian 1 mau assessment Pak Bayu batalin karena hujan badai di Telkom jadi Pak Bayu ga tega hehe ayo coba kurang pengertian apalagi Pak Bayu. Maka pada pertemuan itu Pak Bayu membahas tentang sekolah IT yang sedang beliau bangun, dikelas ku cukup banyak yang ikutan hingga masih ada yang mau ikutan pun sudah kehabisan bangku. Baik banget Pak Bayu aku ga punya uang DP pun dia kasih pinjem uang buat bayarnya eh kayaknya dikasih deh haha *colek Pak Bayu* :D . Yah hal yang menarik dari setiap pertemuan dengan Pak Bayu itu tentang pengalaman dan motivasi motivasi nya meski Pak Bayu bilang dia provokator haha iya memang cocok luar biasa memepengarui mahasiswanya untuk jadi programmer bahkan sampai business analysits. Semoga Pak Bayu tetap jadi dosen yang menyenangkan ya Pak ! ^^ Terimakasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar